Blog-nya Wiwik

Memasang Benang Pada Mesin Obras

Memang untuk memasang benang pada mesin obras sangat membingungkan, apalagi kita baru pertama kali menggunakan mesin obras,  sebagaimana saya tidak luput juga dari masalah ini.. :-), saya coba posting cara pemasangan benang ini atas permintaan mbak Erlina yang juga mungkin kebingungan karena benang obrasnya yang putus..

saya coba menerangkan cara memasang benang dengan menggunakan gambar-gambar agar lebih mudah dimengerti, tetapi  dikarena kan keterbatasan media ini  yang tidak memungkinkan untuk menampilkan gambar dengan kualitas yang tinggi akan saya coba untuk melink file foto pemasangan benang ini pada web lain.  Anda bisa mendownload foto- foto dengan reselusi tinggi pada http://www.indowebster.com/Obras.html

Pada prinsipnya ada 3 jenis benang yang dipasang pada mesin obras, saya sebut saja benang tersebut benang 1, 2 dan 3 yang masing masing saya beri warna Merah, Hijau dan kuning.. untuk pemasangannya bisa diikuti saja berdasarkan urutan gambar-gambarnya dengan pola tadi

1. Merah untuk jalur benang nomor 1 ( jenis benang serabut tidak berkilat)

2. Hijau untuk jalur benang nomor 2 (jenis benang jahit biasa)

3. Kuning buat jalur benang nomor 3 (jenis benang serabut yang berkilat)

—————————————————————————————————————————————–

Perhatikan urut-urutan pemasangan benang dengan mengikuti tanda panah dan warna sesuai dengan lokasinya

—————————————————————————————————————————————–

m_Cantolan

Benang 1,2 dan 3 (merah, hijau dan kuning)

m_Benang2

m_Benang3

m_Benang4

m_Benang5

m_Benang55

m_Benang6

m_Benang7

m_Benang75

Demikian dulu semoga bermanfaat …

Memang untuk memasang benang pada mesin obras sangat membingungkan, apalagi kita baru pertama kali menggunakan mesin obras,  sebagaimana saya tidak luput juga dari masalah ini.. :-), saya coba posting cara pemasangan benang ini atas permintaan mbak Erlina yang juga mungkin kebingungan karena benang obrasnya yang putus..

saya coba menerangkan cara memasang benang dengan menggunakan gambar-gambar agar lebih mudah dimengerti, tetapi  dikarena kan keterbatasan media ini  yang tidak memungkinkan untuk menampilkan gambar dengan kualitas yang tinggi akan saya coba untuk melink file foto pemasangan benang ini pada web lain.  Anda bisa mendownload foto- foto dengan reselusi tinggi pada http://www.indowebster.com/Obras.html

Pada prinsipnya ada 3 jenis benang yang dipasang pada mesin obras, saya sebut saja benang tersebut benang 1, 2 dan 3 yang masing masing saya beri warna Merah, Hijau dan kuning.. untuk pemasangannya bisa diikuti saja berdasarkan urutan gambar-gambarnya dengan pola tadi

1. Merah untuk jalur benang nomor 1 ( jenis benang serabut tidak berkilat)

2. Hijau untuk jalur benang nomor 2 (jenis benang jahit biasa)

3. Kuning buat jalur benang nomor 3 (jenis benang serabut yang berkilat)

—————————————————————————————————————————————–

Perhatikan urut-urutan pemasangan benang dengan mengikuti tanda panah dan warna sesuai dengan lokasinya

—————————————————————————————————————————————–

m_Cantolan

Benang 1,2 dan 3 (merah, hijau dan kuning)

m_Benang2

m_Benang3

m_Benang4

m_Benang5

m_Benang55

m_Benang6

m_Benang7

m_Benang75

Demikian dulu semoga bermanfaat …

27 Komentar »

  1. Mba wiwik, artikelnya menolong bauanget. Aku baru belajar menjahit & beli mesin obras & neci 3 benang merk pegasus seperti di atas. Tapi waktu belinya terburu2 ken hrs antar anak, jadi tdk terlampau paham cara masukin benangnya. Kata mekaniknya tinggal disambung2 aja. Mudah2an besok lancar2 aja klo aku pake.

    Komentar oleh rita — Januari 9, 2010 @ 10:34 pm

    • :) Senang kalau ada manfaatnya Mbak, mudah-mudahan selanjutnya lancar ya dan juga menjahitnya bisa jadi lebih ahli

      regards
      Wiwik

      Komentar oleh wiwike — Januari 15, 2010 @ 7:40 pm

  2. Mbak Wiwik, tks banget ya. Saya copy ya gbr2nya biar bsk2 sy nggak lupa lg masang benang2nya. Sekali lg, tks lho.

    Komentar oleh Zékö — Januari 19, 2010 @ 1:12 pm

    • Silahkan :))

      Komentar oleh wiwike — Februari 4, 2010 @ 9:58 pm

  3. mbak wiwik senang deh dapat materi nya soalnya murid murid saya sangat susah mengoperasikan mesin obras khususnya memasang benangnya trims ya

    Komentar oleh LISMAWATI — Februari 4, 2010 @ 6:55 pm

    • Trims kembali Mbak senang kl ada manfaatnya :)

      Komentar oleh wiwike — Februari 4, 2010 @ 9:57 pm

  4. wah, postingannya bermanfaat banget mb. mkaci y……

    Komentar oleh indar — Maret 14, 2010 @ 11:36 am

    • :) OK makaci kembali

      Komentar oleh wiwike — September 8, 2010 @ 8:56 pm

  5. Halloooww Mba…… saya tata wah sungguh berterima kasih ya atas artikelnya sekarang saya dah bisa mengoperasikan mesin obras, walaupun penuh perjuangan karna lain ruangan saya harus mondar mandir hafalin jalurnya benang tsb tapi hasilnya sungguh memuaskan. terima kasih sekali lagi mba. ditunggu artikel berikutnya ya…..

    matur nuwun
    tata

    Komentar oleh tata — Maret 28, 2010 @ 8:17 pm

  6. mbak. thanks for info, sangat berguna sekali.
    ijin share ya mbak…

    Komentar oleh liaza — April 17, 2010 @ 12:09 pm

  7. salam kenal Mbak Wiwik, boleh tau kalo mesin obras dan neci seperti itu berapaan ya…soalnya baru mau buka jahitan…tanya-tanya dulu nih….

    Komentar oleh chia — April 26, 2010 @ 1:37 pm

  8. Waktu tadi buka web ini saya kaget…kok namanya erlina??? kok sama dengan kasus saya…yang baru beli mesin obras dan gak ngerti msang benangnya… he he he…Sebuah kebetulan yang sangat menyenangkan…Trima kasih yah Mbak Wiwik

    Komentar oleh Erlina — Juni 2, 2010 @ 7:11 am

  9. Assalamu’alaikum

    Masya Allah, saya baru berkutat trus dgn benang obras ini, heheh ..
    Bingung gimana niy jalur masuk nya
    Smoga bisa mudeng liat gambar ini

    Syukron ya ukh ..
    - saudah -

    Komentar oleh saudah — Juni 14, 2010 @ 3:00 pm

    • :) Sama mbak saya jg dulu begitu

      Salam kembali
      wiwik

      Komentar oleh wiwike — September 8, 2010 @ 10:05 pm

  10. THANK mbak mudah2n ssetelah mencermati ini saya dpt dgn mudah menggunakan mesinnya…
    god always wiht uu

    Komentar oleh VERONICA — Juli 17, 2010 @ 12:26 pm

  11. Makasih,Mbak Wiwik. Ijin dunlud photo2 nya,ya?..jaga-jaga kalo kalo nanti benang-benang di mesin obras saya putus di bagian dalam..

    Komentar oleh Yuli — Agustus 2, 2010 @ 11:51 pm

    • ok

      Komentar oleh wiwike — September 8, 2010 @ 9:24 pm

    • Ok semoga bermanfaat

      Komentar oleh wiwike — September 8, 2010 @ 9:47 pm

  12. mbak.. mau tanya.. kenapa ya.. kalo ngobras bahan yang tipis kok jarak benangnya jadi kecil seperti neci.. cara membesarkan ukuran jarak benang gimana??
    makasih..

    Komentar oleh ummu hanin — Agustus 3, 2010 @ 5:20 pm

    • iya mbak emang gitu…karena kain tipis gak kuat menahan gaya dari tarikan benang waktu di jahit..kl spt itu penyetel ke kencangan benangnya harus di kendorkan Mbak disesuaikan dengan ketebalan kainnya..

      Komentar oleh wiwike — September 8, 2010 @ 9:28 pm

  13. tanks infonya membantu bgt.dapat warisan dr mertua obras, gak tau cara makeknya, dg info ini moga aja bisa dimanfaatin dech…

    Komentar oleh bilawal — Agustus 29, 2010 @ 10:47 am

  14. halo slm kenal mba wiwik…

    aduh… saya lagi bingung nih mba sm msn obras sy, jalur benangnya udh bner taapi kok ga ngebentuk jahitan sm sekali alias ga nganyam gitu..kalo pasang jarumnya itu yang bagian lurus itu di depan atau di belakang ya mba???

    Komentar oleh joicena — Oktober 1, 2010 @ 4:52 pm

  15. Mbak, bagus sekali infonya, kalau mesin obras 5 benang Mbak tau g cara pasangnya, terima kasih sebelumnya

    Komentar oleh Agnes — Desember 9, 2010 @ 9:04 am

  16. makaci mbak infony detail bget jd jelas dech,klo gini insyaallah ga bingung lg klo benangny ada yg putus

    Komentar oleh pita — Januari 28, 2011 @ 12:23 am

  17. Mb wiwik,trimakasi atas informasinya,saya sudah lama membeli mesin obras pegasus,tp belom pernah saya gunakan,karna saya memutuskan benang dan tidak tau bagaimana cara memasangnya kembali.Informasi dari mb,Sangatlah membantu saya.

    Komentar oleh zora aidisty — Maret 15, 2011 @ 9:24 am

  18. kenapa setikan mesin obras saya tidak teratur kadang rapat kadang renggang

    Komentar oleh julia — Juni 13, 2011 @ 8:55 am

  19. baru beli mesin obras…asli, binggung berat cara masangnya…. walau msh belum nyambung benar cara pasang benangnya walau udah buka situs Mbak Wiwik ini..insyallah sy coba…. mksh berat ya mbak…

    Komentar oleh maya — Juni 15, 2011 @ 6:44 pm


Umpan RSS untuk komentar-komentar pada tulisan ini. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

The WordPress Classic Theme Blog pada WordPress.com.

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: