Blog-nya Wiwik

Motor (Dinamo) Control

Motor (Dinamo) Control, bagian penting pada mesin jahit bertenaga motor listrik, motor kontrol ini menjadi speed control yang sangat sederhana untuk mengatur kecepatan putaran dari motor dengan cara memindahkan sebagian daya yang seharusnya diberikan ke motor pada sebuah resistor beban yang terbuat dari kepingan-kepingan carbon.

Keping-keping carbon ini selanjutnya berfungsi sebagai hambatan (resistor) yang bersifat variable karena effect tekanan gaya yang diberikan padanya melalui mekanikal pegas yang terhubung pada pedal switch atau saklar injak. Perubahan resistansi sekitar 600 – 250 Ohm sehingga motor secara perlahan berubah kecepatannya sebanding  dengan tekanan kaki pada pedal, perubahannya dari lambat menjadi cepat dengan kompesasi resistansi mulai dari 600 sampai 250 dan terhubung singkat atau tersambung.  mem-bypass resistornya.

Berikut ini cicuit sederhana dari motor control yang banyak di pasaran dari brand motor National dari Matsushita Electric,  Brand-brand  lain mustinya mempunyai prinsip yang lebih kurang  sama .. mudah-mudahan🙂

m_circuit

Gambar 1: Circuit motor control

Berikut ini adalah gambar dari real ciruitnya.

Real Circuit

Gambar 2: Motor control

m_dscf7852

Gambar 3: Motor (Dinamo) Brand National

m_dscf7853

Gambar 4: Motor (Dinamo) dilihat dari sisi lain

m_dscf7857

Gambar 5: Motor control (Pedal Switch)

m_dscf7859

Gambar 6: Bagian dalam Pedal switch

m_dscf7862

Gambar 7:  Sisi lain Pedal Switch

m_dscf7860

Gambar 8: Saat Pedal  Switch di tekan, Flapper menekan Carbon

m_dscf7861

Gambar 9:  Saat Pedal di tekan maksimum flapper terhubung baut penghantar

m_dscf7863

Gambar 10: Keping Carbon sebagai resistor beban

m_dscf7864

Gambar 11:  Ceramik tempat keping carbon pada Pedal switch

m_dscf7865

Gambar 12:  Pedal switch dari sisi lain

Hal-hal yang perlu diperhatikan apabila terjadi masalah pada motor control (pedal switch) ini adalah:

1. Semua sambungan kabel dari stacker sampai pada switch dan motor apakah masih terhubung sebagai mana mustinya pengukuran dapat dilakukan dengan mengunakan multitester (AVO meter), apabila ada kabel yang putus atau solderan yang lepas, perbaikilah kembali kabel tersebut dengan cara mengantinya atau menyolder kembali bagian-bagian yang lepas.

2. Flapper yang terbuat dari metal bisa saja mengalami korosi sehingga membuat aliran listrik ke motor tidak lancar dan menimbulkan panas yang berlebihan pada pedal switch, apabila hal ini terjadi  perlu dilakukan pembersihan pada metalnya dengan amplas dan pembersih contact.

3. Keping Carbon bisa saja terbakar apabila terlalu besar mendisipasikan daya atau Pecah dan retak bila terlalu besar mendapat tekanan sehingga mengurangi fungsinya sebagai penghilang daya dan menyebabkan motor selalu bekerja dengan full rating atau kecepatan penuh sehingga agak sulit mengontrol saat menjahit. gantilah karbon yang pecah atau terbakar.

demikian dulu saya akhiri pembahasan pada Motor kontrol pada mesin jahit ini semoga ada manfaatnya🙂

***

7 Komentar »

  1. mas klo motor control digunakan untuk dinamo air, yang watt nya lebih besar bisa ngga mas.atau ada motor control yang lain untuk dinamo air?

    Komentar oleh aji — Januari 27, 2010 @ 7:07 am

    • 🙂 Wah saya kurang tau ni buat dinamo air..maksudnya gimana? apa mau modifikasi motor mesin jahit dengan menggunakan motor dinamo air ??? klu memang spt itu saya rasa gak kuat karbonnya motor kecil untuk mendisipasikan daya motornya dinamo air jadi ada kemungkinan terbakar karbonnya kl memang butuh spt itu cb saja karbonnya diganti dengan bola lampu pijar ..mesti bisa bekerja lebih kurang sama hasilnya tapi dengan kemampuan daya yang lebih besar🙂 hi..hi.hi itu cuma ide lho

      Komentar oleh wiwike — Februari 4, 2010 @ 9:56 pm

  2. Mbak Wiwik yang baik, seperti keterangan mbak wiwik katanya kalau Keping Carbon udah retak/pecah gantilah karbon yang pecah atau terbakar tsb. Yang mau saya Tanyakan apakah ada yang menjual Keping Carbon tsb klau ada dimana tempatnnya? di toko elektro apa Toko benang. maaf saya kurang tahu jahit menjahit. saya hanya membantu ibu aja yang sering rusak Motor control (Pedal Switch)nya. saya kebingungan mau beli dimana Keping Carbon tsb. atau ada alternatif lainnya mbak..
    Makasih atas penjelasannya..:-)

    Komentar oleh rian — Maret 15, 2010 @ 12:54 pm

    • Rian memang gak ada yang jual di pasaran..tapi bisa diakalin dengan cara memakai keping karbon dari pedal yang lain yang juga sudah rusak karena jumahnya kan banyak tu..ya jadi gak mungkin pecah semua kan..juga selama pecahnya gak sampai halus sekali masih gak masalah kok (misalnya patah menjadi 2), klu sampai halus sekali bisa terbakar nanti karbonnya..gitu aja ya idenya mudah2an ibunya senang🙂

      Komentar oleh wiwike — Maret 27, 2010 @ 5:56 am

  3. Kalo untuk kapasitas 3.7 kW, nilai resistansinya samakah? Trus Resistor tersebut bisa dimanfaatkan sebagai potensio untuk mengatur frequency inverter tidak? Karena (supaya lebih safety) lebih baik ke inverter terlebih dahulu kemudian baru ke motor.

    Komentar oleh rio — Juli 17, 2010 @ 8:09 am

  4. Mbak, saya perlu dinamo untuk dipasang di mesin jahit, bisa beli dimana ya???
    harganya berkisar berapa ??
    terima kasih u. response
    salam
    adi

    Komentar oleh adi suswanto — Agustus 23, 2010 @ 2:37 pm

    • Bisa di beli ditoko peralatan jahit atau toko alat2 listrik yang rada komplitan biasanya ada.. harganya berkisar 50-70 rb rupiah

      Komentar oleh wiwike — September 8, 2010 @ 9:22 pm


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: